Langkah Gampang Membuat Iklan

Langkah Gampang Membuat Iklan

Langkah Gampang Membuat Iklan – Gempuran wabah seakan tidak turunkan pendayagunaan sosial media sebagai taktik advertensi, khususnya Instagram.

Justru, semenjak Januari sampai Juli 2020, NapoleonCat menulis peningkatan jumlah pemakai Instagram sampai lebih dari 11,5 juta pemakai baru.

Ini menjadi peluang emas untuk kamu yang ingin mempromokan produk lewat Instagram. Lalu, bagaimanakah cara gampang membuat iklan di Instagram?

Langkah Gampang Membuat Iklan di Instagram

Sebagai salah satunya anak perusahaan Facebook dengan lebih dari 2 miliar pemakai aktif, manfaatkan Instagram sebagai media mempromokan produk di rasa sanggup jadi taktik yang cukup baik untuk diaplikasikan.

Baca Juga: Tutorial Landasan Teks Editor Atom

Bagaimana tidak, menurut WeAreSocial, per Januari 2020 minimal ada 63 juta orang yang dapat dicapai memakai media berpromosi Instagram, alias Instagram Ads. Tetapi, berikut ada langkah gampang membuat iklan di Instagram tanpa memakai Facebook. Silahkan baca!

Apakah itu Instagram Ads

Saat sebelum membuat iklan di Instagram, sebaiknya kamu ketahui lebih dahulu, apakah itu iklan di Instagram dan bagaimana penampilannya. Sebagian dari kamu barangkali sempat menyaksikan content dengan embel-embel “Sponsored” atau “Sponsor” di bawah username pembikin content, atau bahkan juga, ada tombol yang dapat di-click langsung dan mengarahkanmu ke halaman lain, seperti web atau halaman profile pembikin iklan. Berikut hasil pengerjaan iklan di Instagram alias “Instagram Ads”.

Iklan di Instagram ialah content berbentuk post atau Instagram story yang diperuntukkan untuk mempromokan satu produk atau merek ke pemakai berkaitan. Umumnya, iklan di Instagram diperlengkapi dengan tombol call-to-action (CTA).

Tidak boleh takut iklan yang kamu bikin kelihatan menjemukan, karena ada bermacam tipe iklan di Instagram yang dapat kamu pakai sebagai alternative media berpromosi.

Nanti, harga yang akan kamu bayarkan untuk menempatkan iklan bergantung dari type atau tipe iklan apa yang kamu pakai untuk mempromokan produk.

Type-tipe Iklan di Instagram

Beberapa type iklan Instagram yang umumnya digunakan sebagai fasilitas berpromosi yakni:

  • Gambar Ini ialah type yang tersering dipakai oleh beberapa advertiser. Bagaimana tidak, arah khusus Instagram untuk memperlihatkan foto atau gambar hingga content promo yang ini makin lebih gampang mendapatkan hubungan karena bisa “bercampur” dengan content yang lain bukan iklan. Satu perihal yang akan ada di iklan Instagram ialah call-to-action yang ada di bawah gambar, seperti “Install Now”, “Sign Up”, “Visit Instagram Profil”, “Shop Now”, “Kontak Us”, dan lain-lain. Lihat ya!
  • VideoFitur video di Instagram ada seputar satu tahun sesudah Instagram di-launching, yakni seputar tahun 2013. Sekarang ini, pemakai Instagram sangat terlatih dengan content audio-visual yang ini. Bahkan juga, content video telah menebar sampai ke IGTV dan streaming langsung. Kamu juga bisa menempatkan iklan di Instagram berbentuk video.
  • Slide showSama seperti upload di Instagram biasanya, kamu bisa juga membuat iklan berbentuk slide show yang terbagi dalam gambar dan/atau video. Kecuali bisa tampilkan semakin banyak info berkaitan produk yang kamu iklankan, kesempatan mendapatkan hubungan (engagement) akan makin besar.
  • CarouselCarousel atau iklan yang sama-sama berurut dalam sebuah slide show jadi salah satunya type iklan yang kerap dipakai oleh bermacam merek untuk mempromokan produk mereka di Instagram. Perbedaannya dengan slide show, iklan berbentuk carousel dapat memiliki caption yang berbeda di tiap photo.
  • Iklan di exploreTak cuman di linimasa (timeline), kemungkinan kamu sempat juga mendapati iklan dengan cap “Sponsored” atau “Sponsor” di halaman eksplor Instagram. Untuk mencapai semakin banyak sasaran audience, sekarang iklan berbentuk gambar, video, bahkan juga carousel bisa ada juga di content eksplor beberapa pemakai.

Langkah Membuat Iklan di Instagram

Saat sebelum membuat iklan di Instagram, ada syarat-syarat yang penting kamu penuhi lebih dahulu, yakni:

  • Akun Instagram telah diganti jadi account usaha.

Bila belum tahu triknya, kamu bisa pelajarinya dari artikel “Tutorial Mengganti Account Instagram Usaha”.

  • Akun usaha di Instagram telah tersambung dengan account Facebook.

Walau kesempatan ini kamu akan membuat iklan langsung dari Instagram, tetapi faksi Instagram mengharuskan advertiser untuk login atau mendaftar account ke Facebook lebih dahulu.

  • Pastikan produk diperbolehkan.

Untuk jaga kenyamanan calon konsumen, Facebook (dan Instagram) batasi tipe produk yang dipasarkan. Beberapa persyaratan yang perlu disanggupi calon advertiser ialah:

  1. Iklan tidak memiliki kandungan elemen SARA, tidak menyentuh faksi lain, dan tidak memiliki kandungan beberapa hal sensual.
  2. Kalimat di iklan jangan memiliki kandungan kata “Facebook”, “KW”, “tiruan”, “bajakan”, dan semacamnya.
  3. Jika mengikutkan URL atau link arah, yakinkan halaman website-mu aktif dan bukan hanya one-page site. Minimal, beri info di halaman berlainan berkaitan brand-mu supaya pengunjung dapat ketahui info yang berkaitan dan bermanfaat.
  4. Gunakan gambar dengan kualitas baik yang tidak memiliki kandungan elemen SARA atau content seksual. Yakinkan gambar orisinal (tidak memakai photo tanpa ijin) sama ukuran bagus 1080×1080 pixel. Gambar jangan berbentuk perbedaan seperti “Saat sebelum:Setelah”, dan upayakan supaya tidak ada tulisan atau info harga pada gambar.

Bila kamu menyalahi beberapa point di atas atau ketetapan yang lain sudah diperbaharui, kemungkinan iklanmu tidak disiarkan dan kamu akan mendapatkan peringatan dari Facebook lewat e-mail atau pernyataan Facebook. Tetapi tidak perlu cemas, kamu bisa membenahi penampilan visual iklanmu sampai pantas tampil.

Syarat Untuk Membuat Iklan

Sesudah penuhi syarat di atas, turuti langkah gampang membuat iklan di Instagram langsung dari program berikut ini:

  1. Pilih salah satunya photo yang ingin dipropagandakan, lalu click “Promote”.
  2. Jika tidak pernah lakukan login, kamu bisa login lebih dahulu ke account Facebook yang akan kerap dipakai untuk berpromosi di Facebook atau Instagram. Lantas, tetapkan CTA yang akan diperlihatkan ke sasaran audience. Ada tiga opsi, yakni “Visit Instagram Profil” supaya sasaran berkunjung profile account usahamu, “Learn More” atau “Shop Now” yang sama arahkan ke web, dan “Send Message” yang bisa selekasnya arahkan sasaran audience ke kotak masuk Instagram alias Direct Message (DM).
  3. Pilih tipe sasaran audience, yakni “Automatic” yang memungkinkannya Instagram pilih sasaran yang serupa dengan pengikuts-mu atau membuat sasaran audience yang kamu tetapkan sendiri dengan “Create Your Own”. Tetapi, bila penganut akunmu baru sedikit, seharusnya kamu sesuaikan sasaran audiensmu sendiri agar mencapai audience yang lebih luas dan seperti kemauanmu.
  4. Tentukan berapa banyak anggaran yang akan kamu habiskan untuk lakukan promo berdasar waktu penyiaran dan berapakah nominal uang untuk mencapai sasaran.
  5. Hampir usai, kamu dapat lakukan preview iklanmu lebih dahulu, baik saat diperlihatkan dari timeline berbentuk post atau dari IG Story.
  6. Perhatikan kembali promo iklan yang akan kamu siarkan. Dimulai dari gambar, CTA, sasaran audience, dan anggaran. Kemudian, click “Payment” untuk tentukan langkah pembayaran. Ada banyak sistem pembayaran yang dapat kamu tentukan, sama dalam gambar berikut ini:
  7. Jangan lupa, click “Create Promotion” bila semuanya sudah usai ditata.
  8. Tips: Tingkatkan kualitas penampilan visual

Baik gambar, GIF, atau video, kamu harus bisa pastikan penampilan visual yang kamu pakai untuk berpromosi memiliki kualitas yang baik. Kecuali ukuran yang pas, formasi warna dan penataan penerangan sampai kelihatan menarik. Photo harus juga bisa sampaikan pesan iklan yang ingin kamu berikan.

Cara Mudah Buat Iklan Di Instagram

Bila perlu, perlihatkan kekhasan atau keunggulan pada produk yang kamu pasarkan. Misalkan, bila kamu jual produk kue tiramisu, perlihatkan kelebihan yang produkmu punyai, seperti variasi rasa yang lebih bermacam atau packaging yang unik.

Bila ingin mengutamakan iklan supaya diperlihatkan di IG Story, turuti cara gampang berikut ini:

  1. Siapkan content yang akan dipropagandakan, untuk IG Story, tentukan video atau gambar sama ukuran minimum 1080 x 1920 pixel atau rasio 16:9.
  2. Unggah IG Story yang akan diiklankan.
  3. Klik IG Story yang barusan kamu bikin lalu tentukan menu atau options di samping kanan bawah. Seharusnya, kerjakan ini selekasnya sesudah mengupload story. Karena, kecuali beda waktu penyiarannya tidak begitu jauh, Instagram pun tidak mengizinkanmu mempromokan story sesudah beberapa saat diupload.
  4. Setelah ada beberapa menu penataan, click “Promote” atau “Promo”.
  5. Tentukan satu dari tiga CTA yang akan diperlihatkan ke sasaran audience, yakni “Visit Instagram Profil” supaya sasaran berkunjung profile account usahamu, “Learn More” atau “Shop Now” yang sama arahkan ke web, dan “Send Message” yang bisa selekasnya arahkan sasaran audience ke kotak masuk Instagram alias DM.
  6. Pilih tipe sasaran audience, “Automatic” atau pakai hasil kostumisasi sasaran audience yang sudah dibikin barusan.
  7. Tentukan berapa banyak anggaran yang akan kamu habiskan untuk lakukan promo berdasar waktu penyiaran dan berapakah nominal uang untuk mencapai sasaran. Instagram sediakan nominal bagus, yakni Rp100 ribu untuk 6 hari, tetapi kamu bisa menyesuaikan dengan anggaran-mu.
  8. Jika perlu, kerjakan preview iklanmu lebih dahulu.
  9. Perhatikan kembali promo iklan yang akan kamu siarkan. Dimulai dari gambar, CTA, sasaran audience, dan anggaran. Kemudian, click “Payment” untuk tentukan langkah pembayaran.
  10. Klik “Create Promotion” dan usai!

Saat ini kamu telah pelajari langkah membuat iklan di Instagram dengan 2 media berlainan. Untuk Instagram post dan story, sekarang waktunya kamu bergerak untuk berencana content menarik lain.

Simpulan

Bagaimana, gampang ‘kan pahami Instagram Ads sampai langkah membuat iklan di Instagram? Ada bermacam media juga yang dapat kamu pakai untuk mempromokan merek dan produkmu di Instagram hingga kamu tidak perlu takut sasaran audiensmu terasa terusik dengan iklanmu.

Walau ada bermacam syarat untuk bikin iklan di Instagram. Tetapi itu semua untuk kebaikan brand-mu dan untuk tingkatkan minat audience akan iklanmu.

Saat ini, semua balik lagi pada kreasimu dalam menyuguhkan iklan. Untungnya, kecuali pelajari tutorial membuat iklan di Instagram, kamu memperoleh beberapa panduan untuk tingkatkan kualitas penampilan visual untuk menarik konsumen setia.

Tetapi, account sosial media dan e-commerce saja belumlah cukup, kamu perlu memakai web. Hal tersebut bertujuan  untuk tingkatkan integritas dan memudahkan kamu untuk mengenalkan brand-mu ke sasaran audience.

Hingga mereka dapat semakin gampang mengenali “siapa” dan “apa” arah usahamu. Ingat, yakinkan kamu pilih penyuplai hosting yang aman, cepat, dan selalu dapat dihandalkan, ya! Salam sukses online!